Cara encode dan decode base64 termux

 

Cara encode dan decode base64 lewat termux
Cara encode dan decode base64
 lewat termux mudah

 Sebelum kita menuju ke cara encode dan decode base64 di termux di sini kita akan membahas dulu apa sih itu encode, decode, base64 dan termux?. Tentunya bagi sebagian orang atau dari kalian masih belum tau apa itu semua namun tenang saja di sini kita akan menjelaskan satu persatu.

1. Apa itu encode (encript)?.
 Encode adalah salah satu teknik penguncian kata binary menjadi teks atau encriptsi supaya kata tersebut lumayan aman yang awalnya itu katanya itu keliatan namun setelah di lakukan encode (encripsi) itu menjadi kata acak yang akan jauh lebih beda dari kata yang aslinya jadi akan sulit di lihat kata aslinya secara langsung.

2. Apa itu decode (dcript)?.
 Decode adalah salah satu teknik pembukaan kunci dari hasil encode lebih mudah nya decode adalah kembalikan dari encode. Intinya decode itu jika kita pengen ngeliat kata asli dari hasil encode ya kita harus decode dulu kata tersebut supaya gampang untuk kita lihat kata aslinya.

3. Apa itu base64?.
 Base64 adalah sekelompok pengkodean biner menjadi teks lebih khusus, urutan byte 8-bit) dalam urutan 24 bit yang dapat diwakili oleh empat digit Base64 6-bit.
 Biasanya base64 itu suka di pakai untuk mengunci (meng encripsi) suatu bahasa pemerograman baik website atau ataupun aplikasi.

4. Aplikasi Termux?.
 Apa itu termux? Termux adalah salah satu aplikasi yang di pakai untuk menjalankan program seperti bahasa pemerograman, tools-tools (script yang sudah siap pakai), dll. Termux itu suatu alat yang ibaratkan terminal yang bisa di gunakan untuk menjalankan suatu program ataupun membuat program itu sendiri. Sebenarnya masih banyak kegunaan aplikasi termux serta fungsinya itu apa saja, namun di sini kami hanya bisa menjalaskan secara spesifik nya saja.

 Untuk termux itu bisa kalian dapatkan lewat play store dengan mengetikan termux pada bagian pencarian play store maka akan muncul aplikasi nya. Cara mendapatkan termux itu hanya bisa di dapatkan dengan handphone yang versinya lolipop ke atas (5.0 ke atas), tidak biaa di dapatkan oleh versi hp yang kurang dari 5.0 ke bawah atau dari lolipop ke bawah.

 Ok jadi penjelasan semuanya di atas sudah lumayan jelas dan bagi kalian pasti udah ada gambaran tentang semua itu, jika sudah ada gambaran nya lanjut kita menuju ke cara encode dan decode base64 nya lewat aplikasi termux.

 Langkah pertama yang harus kalian siapkan tentunya sebuah aplikasi termux karena di sini kita akan menjalankannya menggunakan termux jadi, bagi kalian yang belum mempunyai aplikasi termux bisa download dulu di play store atau pada link di bawah ini.
Aplikasi Termux
Setelah aplikasi termuxnya sudah terinstall pada perangkat handphone kalian, selanjutnya silahkab hidupkan data internet seluler kalian yang pastinya harus ada kuota utamanya. Dan ingat jangan sampai kalian menggunakan jaringan wifi karena wifi tidak suport untuk termux. Jika sudah buka saja termux nya lalu tunggu loading sampai selesai.

 Ketika kita sudah masuk ke tampilan awal termux nah di sana kita akan langsung saja belajar cara encode base64 nya terlebih dahulu.

 Caranya kita harus harus mencari kata, angka, simbol, atau campuran dari kata, angka, sombol dll itu bisa.

 Sebagai contoh di sini kita mau meng encode atau mengunci kata di bawah.
https://www.tutorialinjectid.my.id

 Untuk comand yang harus kita jalankan di  termux nya cukup mudah tinggal ketikan.
echo 'kata yang mau di encode base64 nya' | base64
Setelah comand nya itu di masukan ke termux tinggal kita klik enter pada keyboard handphone kita maka secara otomatis termux akan menjalankan perintah command yang sudah kita buat itu, dan hasil nya akan seperti pada gambar di bawah.

Nah jadi itu dia hasil nya kata tadi itu akan di encode base64 dan katanya akan sulit untuk kita lihat secara langsung.

Ok jika sudah paham cara encode base64 nya lanjut kita masuk ke cara decode base64 nya.

Untuk cara decode base64 nya itu cukup kita salin salah hasil dari encode base64 nya lalu kita tambahin echo serta | base64 --decode contoh seperti di bawah.
echo 'hasil encode base64 nya' | base64 --decode
Comand di atas sama kita akan jalankan di termux nya maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah.
Dan hasilkan akan kembali lagi ke kata yang awal karena apa? Ya karena decode adalag kebalikan dari encode lebih tepatkan decode adalah membuka kunci yang sudah di encode.

Jadi seperti itu caranya semoga dapat di mengerti dan mudah untuk di pahami bagi kalian yang masih belum mengerti bisa di tonton video tutorial lengkapnya di bawah.