Cara encript md5 termux

 

Cara encript md5 termux
Cara encript (encode) MD5 
lewat aplikasi Termux

Mungkin bagi sebagian dari kalian masih awam atau belum tau apa itu MD5, di sini sebelum kita masuk ke cara encript md5 di termux kita akan membahas dulu apa itu md5.

Apasih itu MD5?

MD5 sendiri merupakan singkatan dari Message Digest 5 yang merupakan fungsi hash kriptografi yang banyak digunakan, MD5 ini ditemukan oleh Ronald Rivest pada tahun 1991. Gagasan yang ada didalam algoritma MD5 ini sendiri adalah mengambil data acak baik tulisan atau biner sebagai input dan menghasilkan ukuran nilai hasil tetap sebagai outputnya.

Fungsi umum yang banyak di gunakan MD5 ini adalah untuk meng encripsi password supaya password tersebut bisa agak lebih aman dan gak akan kelihatan password aslinya secara langsung.

Md5 itu sendiri cara kerjanya adalah meng encripsi suatu teks menjadi digit hex sebagai contoh di sini kita mempunyai password tutorialinjectid123 password tersebut jika kita belum encripsi md5 maka akan kelihatan jelas oleh orang lain, namun setelah kita encripsi md5 maka akan menjadi seperti ini 27c3e7e7a7f823fbdfecc10ecb6ecbc5.

Nah jadi itu dia pengertian serta fungsi md5 itu apa mungkin bagi kalian sudah sedikit mengerti tentang apa itu md5.

Lanjut di sini kita akan belajar cara encript md5 lewat sebuah aplikasi termux.

Untuk bahan yang harus di persiapkan tentunya yang pertama adalah aplikasi termuxnya itu sendiri, bagi kalian yang belum mempunyai termux bisa kalian dapatkan lewat play store dengan cara mengetikan termux pada bagian pencarian play store. Atau bisa kalian dapatkan aplikasi termuxnya pada link di bawah.

Aplikasi Termux
Setelah aplikasi termux sudah terinstall pada perangkat handphone, kita tinggal membuka aplikasinya, namun sebelum membuka aplikasi termux kita harus siapkan dulu data seluler serta mengaktifkan data seluler yang ada pada handphone dan ingat jangan sampai menggunakan akses internet wifi karena termux tidak suport wifi.

Lanjut tinggal buka saja aplikasi termuxnya tunggu loading nya sampai selesai jika sudah selesai maka akan tampil tampilan awal dari termux nya itu sendiri.

Setelah masuk ke termux di sini kita akan langsung bisa menjalankan nya.

Untuk menjalankan ecnript md5 di termux kita memerlukan sebuah command yang akan di jalankan di termux nya.

Nah untuk contoh command nya ada di bawah.

Command ubah teks menjadi md5 atau encript teks menjadi md5:

echo 'teks yang mau di encript md5 bebas' | md5sum

Cukup kita mengetikan command di atas lalu kita masukan ke dalam aplikasi termux seperti pada gambar di bawah.

Setelah command nya sudah di masukan ke dalam termux tinggal kita jalankan saja untuk proses encript md5 nya dengan cara meng klik tombol enter pada keyboard handphone dan hasil nya akan seperti pada gambar di bawah.


Nah cukup mudah dan simple bukan caranya silahkan kalian coba-coba saja, serta bagi kalian yang masih belum mengerti bisa tonton saja videi tutorial lengkapnya di bawah.