Tools shortlink bitly via termux

 

Tools shortlink bitly via termux
Cara pendekan link dengan tools shortlink bitly via termux

 Sebelum kita mulai ke cara menjalankan tools nya di sini kita akan membahas dulu apasih itu shortlink? Fungsi shortlink itu buat apasih? Nah pasti yang ada di benak kalian bertanya-tanya seperti itu, Ok di sini kita akan mencari tahu dulu apa itu shortlink serta fungsinya?.

 Jadi shortlink itu adalah salah satu alat (tools) untuk mempermudah kita dalam pekerjaan dengan fungsinya untuk memperpendek sebuah link yang awalnya link itu panjang bisa di pedekan dengan bantuan sebuah link tersebut. Selain itu fungsi shortlink bisa untuk menghindari sebuah spam dari flatform aplikasi seperti facebook, youtube dsb. 

 Shortlink juga terbagi dalam beberapa jenis ada shortlink yang gratis seperti bitly dsb ada juga yang bisa membayar kita kaya safelink dsb.

 Namun perbedaan antara shortlink yang dapat membayar kita sama shortlink yang gratis itu rata-rata biasanya terdapat tombol register, login, serta menu penarikan saldo dll.. Itu bagi shortlink yang dapat membayar kita. Tetapi kalo untuk shortlink yang gratis itu biasanya gak ada tombol dan menu penarikan saldonya berbeda dengan shortlink yang dapat membayar.

 Nah jadi kalian sudah mulai tahu kan apa itu shortlink serta fungsi keguaannya dan perbedaan yang membayar dan yang gratis.

 Jika sudah tau tentang shortlink lanjut kita masuk ke cara menjalankan tools shortlink bitly nya di dalam aplikasi termux.

 Namun sebelumnya kalian harus mendownload dulu aplikasi termux nya di bawah.
Aplikasi Termux
 Setelah aplikasi termux sudah terpasang di handphone kalian, jangan lupa hidupkan data seluler nya pastikan ada kuotanya dan jangan menggunakan wifi karena termux tidak suport wifi. Jika sudah tinggal buka saja termux nya. Kalo sudah buka termux nya lanjut tinggal install comand-comand tools nya di bawah.

 Install comand di bawah tanpa memasukan tanda $ .

Comand material : 
$ pkg install git -y
$ pkg install php -y

Command instalasi tools : 
$ git clone https://github.com/Inject-ID/shortlink-bitly_v2
$ cd shortlink-bitly_v2
$ php bitly.php
 Setelah semua comand di atas sudah terinstall di termux, maka tampilan nya akan berubah menjadi seperti di bawah.


 Ketika tools shortlink nya sudah kita jalankan seperti pada gambar di atas, tinggal kita jalankan.
 Cara menjalankan nya kita cukup tempelkan saja link yang sudah kita salin dan mau kita pendekan link nya dengan tools tersebut.


 Lanjut ketika link nya sudah di tempelkan di tools nya tinggal kita klik tombol enter pada keyboard handphone maka otomatis tools nya akan berjalan dan hasil nya akan muncul seperti di bawah.


 Nah hasil nya dan muncul tinggak kita salin saja lalu coba tes di tempel di browser apakah akan sama hasil nya atau engga kalo sama berarti tools nya work dan link yang sudah berhasil di pendekan itu bisa kita gunakan untuk di share ke media sosial seperti facebook, youtube dsb.

 Bagi kalian yang belum mengerti cara menggunakan tools nya gimana, bisa tonton saja video tutorial lengkapnya di bawah.